Mengglobalkan Perdamaian dengan Gerakan Lintas Bangsa-Bangsa

Mengglobalkan Perdamaian dengan Gerakan Lintas Bangsa-Bangsa

- in Suara Kita
120
0
Dari Milenial Rentan menuju Milenial Cerdas untuk Perdamaian Global

kebersamaan menjadi nilai yang sangat penting untuk membangun perdamaian. Sebagaimana yang sudah kita ketahui sekarang ini, sikap radikalisme dan terorisme sekarang sudah mulia bergerak cukup pesat. Tidak hanya melalui sikap terang-terangan, melainkan juga melalui dunia maya untuk mendoktrin kaum millennial.

Dari situlah, inilah alasan mengapa menglobalkan perdamaian itu sangat penting. Kita seluruh dunia harus saling mendukung untuk mengikat tali kebersamaan dalam membangun bangsa damai dan mendamaikan. Mengajak seluruh kaum millennial untuk menjaga perdamaian secara global atau mendunia.

Inilah yang harus didedikasikan bersama. Bahwasanya adanya panggung atau persaudaraan berbangsa tidak hanya mengajarkan seseorang membangun kedekatan semata, melainkan mengajak seluruh jajaran manusia untuk saling membingkai persaudaraan berbangsa. Dari sini kita juga diajarkan untuk saling menghormati, menjaga, mengikat kebersamaan dengan baik. Agar jalinan komunikasi antara bangsa-bangsa dan masyarakatnya selalu terjaga dengan baik.

Berangkat dari sinilah, tidak menutup kemungkinan akan tumbuh-tumbuh benih-benih rasa memiliki, serta jiwa untuk saling menjaga, meskipun berbeda bangsa. Sebab, adanya gerakan ini menjadi bukti nyata, bahwa masyarakat seluruh dunia harus hidup rukun dan senantiasa menjunjung tinggi nilai perdamaian. Yang kemudian akan memberikan efek positif untuk kemajuan sebuah bangsa.

Dalam juga diajarkan untuk menjalin keakraban serta menunjukkan sikap yang santun. Yang kemudian akan menjadi suatu perdamaian yang mengglobal. Perdamaian yang terjadi tidak hanya dalam negeri, tetapi lintas negara, bahkan bisa dunia. Sebab, kebersamaan ini, mengandung nilai-nilai kerukunan, sikap saling menghargai, kemudian tumbuh menjadi jiwa-jiwa untuk berbagi dan selalu menjunjung kejujuran dan kebaikan bagi setiap orang.

Baca juga : Dari Milenial Rentan menuju Milenial Cerdas untuk Perdamaian Global

Kita memang dilahirkan dari bangsa yang berbeda tapi untuk perdamaian kita adalah kesatuan, dan ini adalah salah satu upaya u untuk mengharumkan nama bangsa. konsep ini sangat menarik, lingkup ini  diajarkan untuk menghargai perbedaan, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, hingga pentingnya sikap menolong. Karena kebersamaan setiap orang akan melahirkan millennial yang cerdas.

Untuk itu, mari kita suarakan kebanggaan akan adanya persaudaraan lintas agama. Kita akan menemukan perdamaian dalam setiap perjumpaan yang  dilakukannya. Hingga kebersamaan selalu terjaga dan, kerukunan menjadi tolak ukur untuk memupuk sikap saling menghargai. Dan tentunya kebersamaan ini, menjadi kekokohan bangsa dalam membentengi radikalisme dan terorisme.

Bersatu Untuk Sebuah Ikatan Perdamaian

Konsep tentang gerakan perdamaian lintas bangsa-bangsa tentunya sangat menarik.  Selain hal ini berupaya untuk membangun kedekatan/keakraban suatu bangsa, ini juga sebuah simbol perdamaian. Sebab, dengan senang hati masyarakat dari negara A,B, sampai dengan negara selanjutnya akan berbaur untuk saling menjaga keutuhan bangsa. Yaitu menjadi generasi yang siap untuk membentengi bangsanya dari radikalisme dan terorisme. Hal ini menunjukkan  bahwa tidak ada keburukan dalam konsep lintas agama , melainkan mengajarkan setiap orang saling merangkul, memberikan sebuah pengalaman yang akan berguna untuk menjaga bangsa.

Itulah mengapa, mengglobakan perdamaian sangat tepat untuk sebuah perdamaian yang nyata. Sebab, perbedaan ini akan membawa seseorang mengerti, bagaimana menjunjung kode etik kerukunan dan kebersamaan. Yang kemudian akan tumbuh menjadi sikap saling menjaga dan persatuan sebuah bangsa.

Terlebih negara-negara dunia  adalah negara yang  tentunya memiliki keunikan dengan kultur budaya, etnis, bahasa, sampai dengan sumber daya alamnya. Inilah yang kemudian akan menjadi nilai tambah bagi bangsa-bangsa untuk membangun persatuan. Sebab, kebersamaan ini apabila senantiasa dijaga dengan baik, akan mengantarkan kerukunan dan pentingnya sebuah persahabatan. Karena untuk membangun bangsa yang damai, kita harus bersatu untuk menjaganya.

Facebook Comments